Mencegah anak Kecanduan Gadget

Anak pada jaman sekarang telah memasuki jaman dunia gadget. Anak usia SD pun sudah pintar mengoperasikan gadget. Pemakaian gadget sesungguhnya adalah hal yang positif karena menyediakan layanan ” pintar ” yang membawa kepada kemudahan, manfaat dan keefektifan dalam melakukan suatu kegiatan. Namun gadget menjadi hal yang negatif jika gadget telah menimbulkan kecanduan bagi seseorang. Pada umumnya kecanduan pemakaian gadget berkaitan dengan game on line dan media sosial. Awal seseorang masuk ke dalam tahap kecanduan adalah ketika seseorang ” kehilangan waktu ” sehingga lupa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan orang tersebut sehari-hati seperti : mandi, makan, belajar, berdoa tidur dsb. Tahap berikutnya orang tersebut mulai kurang menyukai atau malas melakukan kegiatan lainnya kecuali bermain gadget. Dan tahap akhirnya adalah orang tersebut mulai mengalami gejala fisiologis atau psikologis jika tidak bermain gadget seperti : sakit kepala, sedih, mengantuk dsb. Memakai gadget jika tidak membawa kepada kecanduan, maka pemakaian gadget bisa membawa hal positif bagi seseorang misalnya mengasah kecepatan berpikir, kemampuan konsentrasi dsb. Namun jika telah menjadi suatu kecanduan, maka efeknya bukan lagi positif, tapi negatif, misalnya jika semula bisa mengasah kemampuan konsentrasi, tetapi akhirnya justru membuat seseorang mengalami gangguan konsentrasi dan berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Bagaimana menolong anak supaya tidak kecanduan gadget ?

SEbelum masuk ke dalam tips mencegah anak kecanduan gadget, terlebih dahulu kita harus mengetahuai alasan seseorang mulai memakai waktu lebih banyak untuk gadget. Beberapa alasan di antaranya :

1. Gadget sebagai pengisi waktu luang, Misalnya : sambil menunggu bus datang, seseorang menggunakan gadget
2. Gadget sebagai sarana rekreasi. Selama liburan atau waktu senggang, tidak ada pilihan lain yang bisa dimanfaatkan selain bermain gadget
3. Gadget sebagai ” obat ” mengatasi stres.
4. Gadget sebagai satu-satunya kegiatan karena tidak ada pilihan kegiatan lainnya.

Berdasarkan beberapa alasan tersebut, maka kita bisa mencari cara supaya terhindar dari kecanduan gadget.

1. Memiliki banyak relasi sosial. Dengan memiliki banyak relasi, maka kita bisa melakukan banyak kegiatan dengan teman-teman dalam relasi tersebut, sehingga kita tidak mencari penggantinya di medsos. Khususnya bagi anak-anak atau remaja yang tinggal di perumahan besar, karena tidak memiliki relasi sosial di sekitar rumahnya maka pada umumnya banyak memakai medsos.

2. Memiliki banyak agenda kegiatan yang penting sehingga seluruh energi kita terserap pada kegiatan tersebut.

3. Memiliki alternatif kegiatan yang menyenangkan untuk mengatasi stres misalnya : olahraga, pertemuan sosial, kegiatan seni, kegiatan agama dsb

Waktu luang dan kurangnya relasi sosial adalah penyebab awal seseorang kecanduan gedget.

Demikianlah tips dari Griya Pulih Asih semoga bermanfaat bagi anda semua.

One thought on “Mencegah anak Kecanduan Gadget

  1. Pingback: essayforme

Leave a Reply